Jumat, 10 Agustus 2012

Dayang Sumbi dan rahasia awet muda


Alkisah hiduplah seorang gadis yang sangat cantik, puteri bungsu dari seorang saudagar kaya raya di daerah Pasundan.. Gadis itu dikenal dengan nama Dayang Sumbi. Dia memiliki seorang kekasih tampan. Tapi ayahnya tidak menyetujui hubungan mereka karena berbagai alasan. Dayang Sumbi sudah terlanjur jatuh cinta dengan pemuda itu sehingga tidak menghiraukan larangan dari ayahnya. Dayang Sumbi dan kekasihnya mewujudkan mimpi mereka dengan kawin lari. Lalu mereka tinggal di sebuah dusun. Mereka bahagia. Mereka memiliki seorang putera yang diberi nama Sangkuriang.

Beberapa tahun kemudian ayah dan ibu Dayang Sumbi  datang mengunjungi rumah mereka yang sangat sederhana. Ibunya tidak tega melihat Dayang Sumbi yang hidup miskin dan mesti bekerja banting tulang menjahit pakaian, ia membujuk suaminya supaya membawa Dayang Sumbi kembali ke rumah mereka. Ayah mengambil paksa Dayang Sumbi dan Sangkuriang pulang ke rumah, dan memaksa Dayang Sumbi untuk bercerai dengan suaminya. Dayang Sumbi tak kuasa menolak kehendak ayahnya itu. Akhirnya Dayang Sumbi berpisah dengan suaminya. Dayang Sumbi seperti dikurung di sangkar emas, tidak bisa hidup bebas sesuka hatinya.

Sangkuriang yang baru berumur lima tahunan merasa kangen sama ayahnya, ia kabur dari rumah kakeknya, berharap bisa bertemu dengan ayahnya. Sangkuriang menyusuri jalanan di kota. Akhirnya Sangkuriang menangis di jalanan. Sepasang suami isteri menghampirinya. Kemudian mereka berusaha untuk mencari alamat keluarga Sangkuriang, tapi tak berhasil. Singkat cerita, mereka mengadopsi Sangkuriang dan membawanya ke luar negeri, karena sang suami berprofesi sebagai seorang diplomat.

Dayang sumbi yang telah kehilangan anaknya sangat bersedih hati, sering menangis sendirian. Ayah ibunya mengkhawatirkan kondisinya. Mereka mengirim Dayang Sumbi ke luar negeri, tinggal bersama kakak perempuannya, dengan harapan bisa menghentikan kesedihannya.

Untuk mengisi hari-harinya Dayang Sumbi mempelajari ilmu kecantikan dan ilmu psikologi. Ia juga banyak membaca. Ia berhasil mengatasi kesedihannya dan kembali tersenyum. Ia ikhlas menerima takdir dan bersikap positif terhadap apapun. Dayang Sumbi juga tetap menekuni hobinya melukis.

Tahun demi tahun berlalu. Sangkuriang telah tumbuh menjadi seorang pria dewasa. Ia gagah, tampan dan sukses. Gadis-gadis muda dan para wanita banyak yang jatuh cinta padanya. Ia pun beberapa kali menjalin hubungan dengan wanita.

Suatu hari Sangkuriang menghadari sebuah pameran lukisan. Disana ia melihat seorang wanita yang sangat cantik. Ia pun mendekati wanita itu dan menyapanya. Singkat cerita dia jadi akrab dengan wanita itu.
Dayang Sumbi wanita berumur setengah abad itu masih tampak jelita. Berlalunya waktu tidak terlukis di wajahnya. Ia masih berpenampilan seperti gadis muda. Dan apa yang menyebabkannya awet muda?

Rahasia awet muda Dayang Sumbi ternyata adalah :
1.       Rajin merawat tubuh dan menjaga kesehatan.
2.       Rutin berolah raga. Dayang Sumbi senang sekali jalan kaki.
3.       Selalu bersikap positif terhadap apapun yang terjadi.
4.       Tak pernah iri dengki dengan orang lain.
5.       Pemaaf.
6.       Tak pernah menggunjingkan wanita lain. Ia berpikir semua orang memiliki kelebihan dan kekurangannya, jadi tak perlu menggunjingkan kelemahannya dan tak perlu iri akan kelebihannya.
7.       Tidur teratur.
8.       Tidak mempermasalahkan hal-hal kecil, termasuk kesalahan kecil orang lain.
9.       Tak pernah ambil peduli omongan orang yang negatif.
 10.   Tidak minum minuman beralkohol dan tidak merokok.
  11   Rajin mengkonsumsi vitamin A, B, C, E, D, Omega 3, kalsium, magnesium, collagen, sayuran, serta buah-buahan.
12    Menggemari minuman hot chocolate sebelum tidur. Dia juga suka minuman tradisional jahe yang dipercaya dapat menjaga kesehatan.
 13   Tak lupa menggunakan tabir surya sebelum keluar rumah.
 14   Senang jalan-jalan dan nonton bioskop untuk relax.
15   Tak pernah mengeluh atau menggerutu.
16   Murah senyum.
 17.   Percaya diri.
18.   Hobi membaca untuk menambah wawasan dan pengetahuan.
19.       Konon, Dayang Sumbi senang mengkonsumsi sejenis rempah-rempah, yaitu ‘temu kunci/fingerroot’ (Boesenbergia Rotunda). Ia jadikan sebagai lalab atau campuran pecel. Tanaman ini membuat kulit mulus dan menghilangkan keriput. Di dalam temu kunci terdapat essential oil, cardamonin, boesenbergin;5,7-dimethoxyflavone;1,8-cineole, panduratin A dan lain-lain.
20      Sering makan buah manggis. Zat antioksidan yang terdapat di dalam buah manggis sangat baik untuk kesehatan dan mampu menghambat penuaan.
21.  Rutin melakukan yoga.

   Sangkuriang yang jatuh cinta ingin meminang Dayang Sumbi. Tetapi Dayang Sumbi memiliki firasat yang aneh, setiap kali melihat Sangkuriang ia selalu teringat anaknya. Dayang Sumbi menyelidiki asal-usul Sangkuriang. Akhirnya ia mengetahui bahwa Sangkuriang itu adalah anak kandungnya sendiri. Ia menolak lamaran Sangkuriang. 

   Sangkuriang yang ditolak cintanya marah dan pergi meninggalkan Dayang Sumbi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar