Senin, 01 Oktober 2012

Dayang Sumbi dan rahasia awet muda II



Dayang Sumbi adalah sosok legenda jelita dan awet muda. Meskipun sudah tidak muda lagi dia masih mempesona para pria dan Sangkuriang yang gagah tampan muda bertekuk lutut padanya. Banyak  tip dan trik untuk awet muda seperti Dayang Sumbi yang didapat dari berbagai sumber. 
JAMBU BIJI
Jambu biji merupakan detoks alami yang dapat memperlambat penuaan. Jambu biji memiliki kandungan vitamin C sebanyak 5 kali lipat jeruk ukuran sedang. Berdasarkan studi yang meneliti pola makan dari 4.000 wanita Amerika yang berusia 40-74 tahun, ditemukan bahwa wanita yang mengonsumsi vitamin C dalam jumlah banyak memiliki keriput lebih sedikit dibandingkan dengan yang mengkonsumsi dalam jumlah sedikit,Produksi kolagen meningkat berkat vitamin C. Vitamin C juga membuat kulit menjadi lebih indah. Hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli mikrobiologi dari Bangladesh jambu biji juga memberi perlindungan terhadap food borne pathogens atau patogen berbahaya yang ditularkan dari makanan, seperti Listeria dan Staphylococcus. Kandungan antioksidan dalam jambu biji juga tidak kalah hebat dengan yang terdapat pada blueberries dan brokoli.

Sumber : Prevention Indonesia

MANGGIS

Buah manggis banyak mengandung zat antioksidan yang  mampu menghambat penuaan. Zat antioksidan memperbaiki sel-sel jaringan tubuh yang rusak dan menggantinya dengan yang baru. Zat ini yang membuat awet muda. Buah manggis banyak mengandung xanthone yang merupakan senyawa anti kanker. Ektrak kulit manggis juga bermanfaat karena bersifat apoptosis (penghancur sel kanker).
Untuk memperoleh manfaat dari kulit buah manggis, kita bisa menyeduh potongan kulit manggis dengan takarannya adalah 1 kulit manggis dipotong-potong lalu direbus menggunakan 2 gelas air sampai tersisa satu gelas saja. Kemudian saring air rebusan dan konsumsi secara teratur 2-3 kali sehari.

PEPAYA

Pelangsing Tubuh
Buah pepaya mengandung enzim yang berperan mengurai lemak dan protein dalam tubuh serta meleyapkan daging berlebih.
 Mengencangkan Payudara
Enzim di dalam buah pepaya dapat membantu pertumbuhan payudara sehingga lebih kencang dan kenyal. Pepaya juga diperkaya dengan hormone pengencang serta vitamin A yang merangsang pengeluaran hormon wanita dan merangsang indung telur mengeluarkan hormone betina. Dari hormon tersebut kelenjar susu akan lancar dan bentuk payudara semakin ideal.
Awet Muda
Kadar vitamin C dalam pepaya adalah 48 kali lipatnya buah apel. Pepaya bermanfaat untuk detoksifikasi sehingga dapat menyegarkan kulit dari dalam. Pepaya juga dapat mendorong proses metabolisme kulit.
Pepaya juga bisa digunakan untuk masker wajah, melumerkan lapisan kulit dan zat tanduk penuaan yang timbul dipori-pori sehingga kulit lebih kencang dan cerah.

KOLAGEN

Dengan merangsang kolagen alami tubuh, orang bisa mendapatkan kulit yang sehat dan mulus. Kolagen adalah protein yang digunakan tubuh untuk membentuk jaringan ikat. Molekul-molekul bergabung untuk membentuk kolagen bertahan lama, berserat menyediakan kerangka kerja bagi tulang rawan, tendon dan kulit. Kulit yang sehat membutuhkan peremajaan kolagen. Tetapi, usia dan paparan sinar matahari bisa merusak serat-serat kolagen sehingga kehilangan elastisitasnya. Ada beberapa cara alami untuk dapat merangsang kolagen, antara lain :

1. Banyak konsumsi vitamin A
Menurut University of Maryland Medical Center, memperbanyak asupan vitamin A dapat merangsang kolagen alami tubuh. Vitamin A merupakan unsur yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan kulit dan selaput lendir.

Makanan kaya vitamin A misalnya daging sapi, hati, telur, susu dan sayuran hijau berdaun gelap.

2. Banyak konsumsi vitamin C
Tambahkan lebih banyak vitamin C dalam menu harian Anda. Mayo Clinic menyatakan bahwa studi menunjukkan makanan yang kaya vitamin C mempromosikan kulit tampak sehat, karena vitamin C dapat meningkatkan pertumbuhan kolagen.

Perbanyak makan buah-buahan, sayuran dan biji-bijian untuk meningkatkan asupan vitamin C Anda.

3. Banyak konsumsi makanan yang mengandung AHA
Alpha-Hydroxy Acid (AHA) bertanggung jawab untuk mencabut sel-sel kulit tua yang mungkin menempel pada lapisan atas kulit. Bila tidak dibersihkan, sel-sel kulit tua dapat membuat kulit tampak tua.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Departemen Dermatology di Cleveland Clinic Foundation menyimpulkan bahwa AHA membantu mengurangi munculnya keriput dan penuaan kulit.

Buah-buahan seperti jeruk, nanas, anggur dan jeruk, serta asam laktat yang ditemukan dalam susu semuanya mengandung AHA.

4. Minum banyak air putih
Air putih diperlukan untuk pertumbuhan kulit yang sehat. Setidaknya minum 8 gelas air putih setiap hari untuk mendapatkan kulit yang sehat.

5. Gunakan tabir surya
Kulit yang tidak menggunakan tabir surya akan cepat rusak terpapar sinar matahari. Kulit yang rusak tidak dapat menghasilkan kolagen, sehingga melindungi kulit dari efek berbahaya matahari akan menjaga kulit sehat dan meningkatkan pertumbuhan.

Berikut beberapa nutrisi yang bisa menjadi obat mujarab untuk membuat Anda awet muda :

1. Sayuran berdaun hijau
Sayuran berdaun hijau seperti brokoli dan bayam merupakan sumber makanan yang kaya vitamin C, karotenoid dan zat anti kanker seperti sulphoraphane dan genistein. Zat-zat tersebut mengandung berbagai pigmen karotenoid, termasuk lutein dan zeaxanthin, yang membantu mencegah gangguan mata terkait usia seperti katarak dan degenerasi makula.

2. Tomat
Tomat merupakan sumber yang kaya likopen, suatu antioksidan kuat dan agen antikanker yang membantu untuk mencegah penuaan sel. Memasak tomat melepaskan lycopene lima kali lebih banyak ketimbang tomat mentah.

3. Kedelai
Kedelai mengandung isoflavon (zat seperti hormon yang membantu mencegah penuaan karena ketidakseimbangan hormon). Kedelai juga diyakini akan membantu melawan kanker sensitif hormon seperti kelenjar payudara dan prostat.

4. Bawang putih
Bawang putih memiliki sifat antiseptik, antibakteri, antivirus dan antioksidan. Meskipun digunakan untuk membantu mengobati usus, infeksi pernapasan dan kulit, bawang putih juga bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan jantung dan sirkulasi. Bawang putih dapat menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kadar lemak darah berbahaya (LDL dan trigliserida), mengurangi kekakuan darah, melebarkan pembuluh darah dan memperbaiki aliran darah perifer.

5. Jahe
Pengobatan China Kuno telah lama menggunakan jahe untuk efek menenangkan pada sistem saraf dan juga dapat membantu meningkatkan pencernaan. Ekstrak jahe juga penuh dengan antioksidan yang bisa menangkal kanker dan mencegah penumpukan racun dalam tubuh dan kulit.

6. Alpukat
Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang sehat yang dapat membantu untuk mengurangi tingkat dari tipe kolesterol buruk (LDL) dalam tubuh. Alpukat juga sumber vitamin E yang baik dan dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan kulit.

7. Wortel
Wortel merupakan sumber beta karoten yang sangat baik, yang merupakan antioksidan kuat untuk melawan penuaan dan berbagai  penyakit. Beta karoten juga menjaga penglihatan tetap tajam dan melindungi mata dari penyakit terkait usia. Hal ini juga penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat.


Sumber : detikhealth.com

Hindari GULA

Selain mengakibatkan kenaikan berat badan, konsumsi gula berlebihan juga dapat membuat kulit keriput dan kusam.
Proses alami yang mengakibatkan kondisi ini adalah proses yang disebut glycation. Ini merupakan kondisi ketika aliran darah terikat dengan protein untuk menciptakan molekul yang berbahaya dan disebut advanced glycation end products (AGEs). Semakin banyak gula yang Anda asup, makin banyak tubuh Anda menciptakan AGEs.

"Semakin AGEs terakumulasi, mereka akan merusak protein yang diperlukan dengan efek domino," jelas Fredric Brandt, MD, dermatolog dan penulis 10 Minutes 10 Years. Yang paling rentan untuk rusak akibat proses ini adalah kolagen dan elastin, serat protein yang menjaga kulit tetap kencang dan elastis. Faktanya, kolagen adalah protein yang paling prevalen untuk tubuh. Sekalinya rusak, kolagen dan elastin yang seharusnya kenyal akan menjadi kering dan rusak, menciptakan kulit berkeriput dan lembek. Efek penuaan ini mulai sekitar usia 35 tahun, dan meningkat sangat cepat seiring pertambahan usia. Hal ini dilaporkan oleh British Journal of Dermatology.

Konsumsi gula berlebihan dapat merusak kolagen. Kolagen terbanyak pada kulit adalah tipe I, II, dan III. Tipe III adalah yang paling stabil dan tahan lama. Glycation akan mengubah tipe III menjadi tipe I, yang adalah tipe paling rentan. Ketika ini terjadi, kulit akan terasa lembek, tak lagi kenyal. Sebagai tambahan lagi, AGEs menonaktifkan enzim antioksidan alami tubuh, membuat kulit Anda jadi lebih rentan rusak saat terkena paparan sinar matahari, yang merupakan penyebab utama penuaan kulit.

Sumber : kompas.com
 
Langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk memperlambat datangnya kerutan :

            Melindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan mengoleskan tabir surya yang mengandung SPF  minimal 15.
-         Melakukan chemical peeling dengan cream yang berbasis retinoid dan lotion yang mengandung berbagai macam vitamin dan botanical antioksidants.
-          Pemakaian dasar make up yang mengandung anti-aging, seperti : kolagen, hyaluronic acid, peptides, dll.
-          Bersihkan kulit dan kikis kulit mati dengan scrub. Pilihlah scrub yang lembut.
-          Melembabkan kulit yang dehidrasi dengan cream yang megandung retinol dan hyaluronic acid. Dan perbanyak minum air putih.
Memakai cream mata untuk mencegah kerut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar