Kamis, 03 Januari 2013

Sang Arjuna




Arjuna adalah sosok yang gagah tampan. Ia memiliki banyak isteri dan kekasih. Ia juga terkenal senagai sosok yang memiliki ilmu tinggi dan sakti mandraguna. Arjuna memiliki sifat cerdik dan pandai, pendiam, teliti, sopan-santun, berani dan suka melindungi yang lemah. Banyak wanita yang jatuh cinta kepadanya, karena ia ganteng dan berkharisma.  Dan banyak pria yang segan terhadapnya karena ilmunya yang tinggi , wibawa dan gelar kebangsawanannya.  Ia sosok idola pria dan wanita.

Arjuna adalah putera tengah dari pandawa lima (lima ksatria) putra Prabu Pandudewanata dari Hastinapura dengan Dewi Kunti. Sejak anak-anak ia gemar sekali menuntut ilmu. Ia mempelajari berbagai ilmu pengetahuan. Ia memiliki rasa keingintahuan yang tinggi. Baginya dunia dan lingkungan sekitarnya adalah gudang ilmu pengetahuan. Ia belajar dari siapa saja. Guru-gurunya yang terkenal adalah Resi Dorna, Begawan Krepa, Begawan Kesawasidi  dan Resi Padmanaba. Arjuna juga senang berkelana.
Berikut ini nama-nama dari isteri-isteri Arjuna :
Patung Arjuna di Bali
  1. Dewi Subadra, berputra Raden Abimanyu;
  2. Dewi Sulastri, berputra Raden Sumitra;
  3. Dewi Larasati, berputra Raden Bratalaras;
  4. Dewi Ulupi atau Palupi, berputra Bambang Irawan;
  5. Dewi Jimambang, berputra Kumaladewa dan Kumalasakti;
  6. Dewi Ratri, berputra Bambang Wijanarka;
  7. Dewi Dresanala, berputra Raden Wisanggeni;
  8. Dewi Wilutama, berputra Bambang Wilugangga;
  9. Dewi Manuhara, berputra Endang Pregiwa dan Endang Pregiwati;
  10. Dewi Supraba, berputra Raden Prabakusuma;
  11. Dewi Antakawulan, berputra Bambang Antakadewa;
  12. Dewi Juwitaningrat, berputra Bambang Sumbada;
  13. Dewi Maheswara;
  14. Dewi Retno Kasimpar;
  15. Dewi Dyah Sarimaya;
  16. Dewi Srikandi.
Arjuna, dalam bahasa Sanskerta berarti “ bersinar terang” . Arjuna bisa berarti “jujur di dalam wajah dan pikiran”. Ia memiliki banyak julukan. Permadi berarti berwajah tampan. Wijaya berarti orang yang menang dalam perang. Dhananjaya berarti penakluk seluruh raja. Margana berarti suka menolong. Jahnawi berarti gesit. Danaswara berarti perayu ulung. Janaka berarti memiliki banyak isteri.

Petualangan Cinta Arjuna

Lukisan karya Raja Ravi Varma
Raja Drupada dari Panchala mengadakan sayembara untuk mendapatkan puterinya Drupadi. Drupada mengundang para pangeran dari berbagai penjuru negeri. Barangsiapa yang berhasil memanah seekor ikan yang diletakkan di atas balairung dengan tepat akan mendapatkan Drupadi. Dan Arjuna memenangkan sayembara itu. Kemudian ia membawa Drupadi pulang dan berkata kepada ibunya  “ ibu, pasti tidak percaya dengan hadiah yang aku bawa ! “ .

Sang ibu, yang sedang tidur berselimut menjawab tanpa melihat apa yang dibawa oleh Arjuna berkata “Bagilah rata dengan saudara-saudaramu !”. 

Drupadi pun menjadi isteri dari lima ksatria Pandawa. Lima Pandawa itu bersepakat tidak akan saling mengganggu ketika Drupadi lagi bermesraan dengan salah satu dari mereka.

Suatu hari, terjadi huru-hara di Indraprastha, Arjuna bergegas mengambil senjata di dalam sebuah kamar , pada saat itu Yudisthira lagi bermesraan dengan Drupadi. Arjuna terpaksa melanggar kesepakatan Pandawa Lima. Ia pun menerima hukuman dibuang ke hutan selama 1 tahun.  Di tempat pengasingan tersebut Arjuna bertemu dengan seorang gadis cantik jelita bernama Ulupi dari Nagaloka. Mereka jatuh cinta dan kemudian menikah. Ulupi melahirkan seorang anak buah cintanya dengan Arjuna yang dinamai Irawan.

Perjalanan Arjuna sampai ke negeri Manipura yang diperintah oleh Raja Citrasena. Citrasena memiliki puteri cantik bernama Citranggada. Arjuna menikahi Citranggada dan memiliki seorang anak yang bernama Babruwahana. Setelah beberapa bulan tinggal di Manipura, Arjuna berniat pulang ke Hastinapura. 

Dalam perjalanan pulang Arjuna singgah di pantai Prabasatirta. Ia disambut oleh Baladewa. Disana ia bertemu dengan Subadra, adik Kresna. Subadra jatuh cinta pada Arjuna. Gadis cantik itu kabur bersama Arjuna. Mereka menikah di Indraphasta. Baladewa dan Kresna menyusul dan menyelenggarakan pesta pernikahan yang mewah untuk mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar