Minggu, 09 September 2018

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika travelling ke Singapura

Pusat Informasi Turis (Singapore Visitor Center) berlokasi di Orchard Road. Disini anda bisa memperoleh informasi tentang Singapura dan bisamembeli tiket atraksi dan tour.

Nomor-nomor penting di Singapura :
Polisi : 999
Ambulans dan pemadam kebakaran : 995
Informasi penerbangan : 1800 542 4422

Sebaiknya menukarkan mata uang Singapore Dollar terlebih dahulu di Money Changer sebelum berangkat ke Singapura, supaya lebih praktis.

Pemegang kartu ATM BNI bisa menarik uang di ATM Bank OCBC.

Pemegang kartu kredit Citibank bisa menarik uang di ATM Citibank. Salah satunya di MRT Bugis.

Air dari keran di Singapura sudah memenuhi standar WHO sehingga bisa diminum langsung. Anda tinggal membawa botol minumnya saja dan ambil air dari keran untuk air minum. Bahkan di Bandara Changi tersedia keran air panas yang bisa langsung dikonsumsi. Air mineral pun banyak juga di jual di supermarket dan mini market, rata-rata dijual 1 dollar Singapura.

Jangan lupa untuk mengambil peta Singapura dan MRT begitu tiba di Bandara Changi, gratis, untuk memudahkan anda menjelejah Singapura.

Beli kartu Singapore Tourist Past (STP) di Changi MRT, untuk menghemat biaya dan memudahkan perjalanan menjelajah kota Singapura. Kartu STP ini bisa digunakan untuk transportasi  MRT dan bus selama di Singapura. Biaya taxi di Singapura mahal sekali.

Kartu XL bisa digunakan di Singapura dengan biaya sekitar 15.000 rupiah per hari. Atau bisa juga mengaktifkan XL Pass.

SIM Card prabayar di Singapura adalah Singtel, Starhub, dan M1. Bisa dibeli di bandara Changi dan supermarket 7-eleven. Paspor di perlukan saat pendaftaran kartu.

Hotspot WiFi gratis tersedia hampir di setiap sarana public di seluruh wilayah Singapura.
  
Mulai 1 April 2017, penyedia telekomunikasi Singapura menghentikan layanan 2G. Jadi bawalah perangkat selular yang mendukung jaringan 3G dan 4G.

Arus listrik yang digunakan di Singapura adalah 220-240 volt. Gunakan colokan listrik dengan tiga prong persegi(dikenal dengan colokan multi ). Di hotel-hotel biasanya meminjamkan colokan jenis tsb secara gratis dengan jaminan deposit 1 dollar ( uang deposit dikembalikan saat  kita mengembalikan colokan listrik tsb. ). Di bandara Changi tersedia colokan listrik yang sama dengan yang ada di Indonesia.

Bagi para perokok harus menahan diri untuk tidak merokok. Anda tidak diijinkan merokok di tempat-tempat berpendingin udara, seperti MRT, bis, mal, restaurant, bandara dan hotel. Tapi tersedia area  khusus merokok di beberapa tempat.

Sama seperti kita naik kereta Commuter Line di Jabodetabek, di area MRT dan di dalam MRT tidak diperbolehkan merokok, makan, minum dan membawa durian. Tapi kebiasaan kita di Indonesia yang sering melanggar peraturan tersebut, jangan sekali-kali diterapkan di Singapura, anda akan dikenakan denda 5000 Sing $.

Kebanyakan hotel di Singapura tidak membolehkan kita membawa buah durian kedalam kamar hotel.

Para wisatawan yang berbelanja di toko-toko tertentu yang berpartisipasi sebesar Sing$100 lebih dapat mengklaim pengembalian Pajak Barang dan Jasa( GST ) sebesar 7 %. Klaim dapat dilakukan di Bandara Changi dengan menunjukan struk pembelanjaan dan paspor.

Mayoritas warga Singapura menggunakan Bahasa Inggris. Banyak juga dari mereka yang menggunakan bahasa  Melayu dan Mandarin.  Para pedagang di Bugis Street dan Lucky Plaza banyak yang bisa berbahasa Indonesia.

Singapura berhawa agak panas dan lembab, meskipun tida ksepanas Jakarta, Bekasi, Karawang dan Surabaya( cenderung mirip udara di Kota Bandung danTasikmalaya sekarang).












Tidak ada komentar:

Posting Komentar