Kamis, 20 Oktober 2011

Mawar Argentina, Evita Peron

María Eva Duarte de Perón (7 Mei 1919 - 26 Juli 1952) adalah istri kedua dari Presiden Juan Perón (1895-1974) dan menjabat sebagai First Lady Argentina dari tahun 1946 sampai kematiannya pada tahun 1952. 

Dia lahir di luar nikah di desa Los Toldos di pedesaan Argentina pada tahun 1919, keempat dari lima bersaudara. Pada tahun 1934, pada usia 15, dia pergi ke ibukota negara dari Buenos Aires, di mana ia mengejar karier sebagai aktris panggung, radio, dan film. Eva bertemu Kolonel Juan Perón pada 22 Januari 1944, di Buenos Aires selama acara amal di Luna Park Stadium untuk manfaat para korban gempa bumi di San Juan, Argentina. Keduanya menikah tahun berikutnya. Pada tahun 1946, Juan Perón terpilih sebagai Presiden Argentina. Selama enam tahun berikutnya, Eva Perón memperkuat pro-Peronis serikat buruh, terutama untuk berbicara atas nama hak-hak buruh

Pada tahun 1951, Eva Perón mencalonkan diri sebagai Wakil Presiden Argentina dan didukung oleh basis politik Peronis. Namun, oposisi dari bangsa militer dan kaum borjuis, ditambah dengan kesehatannya menurun, pada akhirnya memaksa dia untuk menarik pencalonannya. Pada tahun 1952, tak lama sebelum kematiannya dari kanker pada usia 33, Eva Perón diberi gelar resmi "Pemimpin Spiritual Bangsa" oleh Kongres Argentina. Eva Perón diberikan penghormatan dengan pemakaman kenegaraan resmi meskipun fakta bahwa ia bukan kepala negara terpilih.

Dalam sebuah upacara resmi beberapa hari setelah peresmian kedua Juan Perón itu, Evita diberi gelar resmi "Pemimpin Spiritual Bangsa".

Sumber : Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar