Rabu, 26 Oktober 2011

Monalisa


Mona Lisa adalah lukisan cat minyak di atas kayu poplar yang dibuat oleh Leonardo da Vinci pada abad ke-16. Nama atau judul lukisan Mona Lisa berasal dari biografi Leonardo da Vinci karya Giorgio Vasari. Di dalam buku ini disebutkan bahwa wanita dalam lukisan ini adalah Lisa Gherardini, istri seorang pengusaha Firenze yang kaya raya bernama Francesco del Giocondo. Mona dalam bahasa Italia adalah singkatan untuk madonna yang artinya adalah "nyonyaku". Sehingga judul lukisan artinya adalah Nyonya Lisa. Dalam bahasa Italia biasanya judul lukisan ditulis sebagai Monna Lisa (dengan n ganda).

Leonardo mulai melukis Mona Lisa antara 1503-1504 di Florence. Lukisan ini menggambarkan seorang wanita yang sedang tersenyum misterius dan tatapan matanya mengarah ke pengunjung dengan ekspresi yang  enigmatik.

Dia membuat lukisan Mona Lisa dalam beberapa lapisan. Lapisan terakhir menggunakan kaca khusus untuk meningkatkan sifat optik ilusi tiga dimensi wajahnya. Mona Lisa bisa terlihat berseri-seri, serius bahkan sinis. Perubahan ekspresinya dikarenakan mata kita yang mengirimkan sinyal secara acak ke otak. Semua tergantung pada sel-sel apa yang menangkap gambar pertama kali dan saluran apa yang digunakan untuk menafsirkan ke otak. Saluran ini mengkodifikasikan data berdasarkan ukuran objek, kejelasan, kecerahan dan lokasi bidang visual.

Mona Lisa kini tersimpan dan dipamerkan di Museum Louvre, dan menjadi milik resmi pemerintah Perancis.



Sumber : Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar