Senin, 14 November 2011

Leonardo da Vinci



Leonardo da Vinci terkenal sebagai pelukis yang menghasilkan karya-karya agung. Selain itu ia juga seorang ilmuwan, penemu dan designer peralatan militer. Leonardo lahir pada 15 April 1452 di sebuah desa di provinsi  Florence, dan meninggal 2 Mei 1519 pada usia 67 tahun. Ia bergaul dengan banyak filsuf, matematikawan, dan seniman. Ia juga mempelajari ilmu anatomi optik dan geometri. 

Tahun 1516 Leonardo mengabdi pada Raja Perancis, Francois I untuk memberi nasihat Filosofis.

Kontribusi Leonardo da Vinci kepada dunia :

  •  40 tahun sebelum Nicolaus Copernicus (1473 – 1543), Leonardo mencatat bahwa matahari   tidak     bergerak, dan bumi bukan pusat perputaran matahari, juga bukan pusat galaksi.
  •  60 tahun sebelum Galileo Galilei, Leonardo menyarankan agar lensa pembesar (magnifying lens)     digunakan untuk mempelajari permukaan bulan dan benda langit lainnya.
  •  200 tahun sebelum Isaac Newton, Leonardo telah mengemukakan konsep gravitasi. 
  •  400 tahun sebelum Charles Darwin, Leonardo telah mengenalkan teori evolusi dengan menempatkan manusia dalam kategori yang sama dengan kera dan monyet, kecuali bahwa manusia berakal 
  •  Di bidang anatomi, Leonardo melukis penampang anggota tubuh (cross section), representasi manusia dan kuda paling detil dan komprehensif, melakukan studi bayi di dalam rahim ibu dan membuat cetakan otak dan saluran jantung.
  • Di bidang pertanian, ia memperkenalkan geotropisme (efek gravitasi terhadap tumbuhan) dan heliotropisme (reaksi tumbuhan terhadap matahari); ia menyatakan bahwa umur pohon berhubungan dengan jumlah lingkar cincin di penampangnya; ia juga membuat sistem susunan daun pada tumbuhan.
  • Di bidang geologi dan fisika, ia mempelajari proses fosilisasi dan fenomena erosi tanah.
  • Di bidang engineering, ia mendesain helikopter, parasut, tangga yang bisa diperpanjang , perpindahan roda gigi, alat membuat ulir pada sekrup, sepeda, snorkel (alat selam), kunci untuk sistem kanal, roda air horisontal, jam alarm tenaga air, kursi terapetik. 
  •  Di bidang militer, ia mendesain tank, senjata mesin, mortar, dan kapal selam.
Karya-karya Leonardo dituangkan dalam sebuah buku yang disebut The Codex Atlanticus, sebuah buku yang terdiri dari 12 volume dan 1.119 halaman.

Sumber : Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar