Senin, 19 Maret 2012

Jacqueline Kennedy, First Lady AS nan rupawan


Jacqueline Kennedy Onassis
Jacqueline Kennedy Onassis lahir  28 Juli 1929 di Southampton, New York , AS. Menikah dengan John F. Kennedy pada 1953 – 1963. Jackie dan John dikarunia satu putri, Caroline Kennedy  27 November 1957 dan satu putra, John Kennedy Jr. 25 November 1960. Ia menjadi ibu Negara AS pada 1961 hingga suaminya terbunuh pada tahun 1963. Tahun 1968 - 1975 menikah dengan seorang konglomerat keturunan Yahudi Aristotle Onassis hingga suaminya meninggal tahun 1975. Ia sendiri meninggal 19 Mei 1994.
Sang Pengantin yang jelita



Tahun 1951 Jacqueline lulus dan bergelar BA dari George Washington University – Washington DC , di bidang Sastra Prancis. Kemudian tahun 1954 ia mengambil kelas Sejarah Amerika.

Tahun 1951 Jacqueline memperoleh pekerjaan pertamanya sebagai “ Inquiring Camera Girl” untuk The Washington Times- Herald. Tugasnya adalah mewawancarai dan mengambil foto. Salah satu obyeknya dalam menjalankan tugas adalah senator muda Massachussets, John F. Kennedy.
Upacara Pernikahan, 12 September 1953
 
Januari 1960, Senator John Kennedy mengumumkan pencalonannya menjadi Presiden Amerika Serikat, Jackie berperan aktif dalam kampanye. Ia membantu suaminya dengan menjawab surat-surat, merekam iklan TV, memberikan wawancara dan menulis kolom di majalah. John F. Kennedy mengalahkan Richard Nixon dari Partai Republik pada 8 November 1960, dan menjadi Presiden Amerika Serikat yang ke 35.

8 November 1960
Jacqueline banyak melakukan kegiatan social dan sangat memperhatikan bidang seni, musik dan budaya. Ia mengundang para seniman, penulis, penulis puisi dan musisi untuk bergabung dengan para politisi, diplomat dan pejabat. Ia berbicara dalam Bahasa Inggris, Perancis, Spanyol dan Italia dengan lancar. Kemampuannya berkomunikasi sangat legendaris, dan telah mempengaruhi Nikita Khrushchev, pemimpin komunis untuk mengambil keputusan-keputusan yang positif. 

Washington, 27 Maret 1963, dalam sebuah parade

Ketika pasangan Jackie dan Kennedy mengunjungi Prancis, dia telah mengambil hati orang-orang Prancis dengan Bahasa Prancisnya yang fasih dan menarik perhatian Charles de Gaulle.

" Dia memainkan permainannya dengan cerdas...tanpa mencampurkan politik, dia memberikan suaminya sebuah prestise....." Charles de Gaulle berkomentar.

Senator Ted Kennedy adik kandung John F Kennedy sangat mengagumi Jackie dan mengatakan " Tidak ada wanita yang seperti dia, berbicara seperti dia, begitu alaminya yang dia lakukan. Tidak ada yang lebih baik dari dirinya ".

Tahun-tahun berikutnya, setelah kematian Onassis, Jackie menghabiskan waktunya sebagai editor buku yang sukses.


Berikut ini kutipan-kutipan bijak dari Jackie Kennedy :


Paris, Juni 1961

" Menjadi seorang wartawan adalah tiket untuk keliling dunia "


" Saya selalu ingin menjadi seorang penulis atau wartawan surat kabar. Tapi, setelah menyelesaikan studi......saya melakukan hal lain."


" Saya tidak berfikir bahwa ada banyak pria yang setia pada istrinya."

" Jika anda menulis sebuah buku, maka anda telah melakukan sesuatu yang luar biasa dalam hidup."






 Referensi : Wikipedia, cbsnews.com dan multi sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar