Senin, 13 Agustus 2012

Heloisa Pinheiro, The Girl from Ipanema


Heloisa Pinheiro muda
Sekitar lima decade yang lalu, tahun 1962, Heloisa Pinheiro,yang waktu itu berumur 17 tahun,  gadis Rio de Janeiro, Brasil, menginspirasi Antonio Carlos Jobim dan Vinicius de Moraes untuk menciptakan lagu “The Girl from Ipanema”. Seperti gadis-gadis Brasil pada umumnya, berwajah cantik eksotik, kulit coklat, warna rambut gelap dan body sexy. Heloisa Pinheiro atau sering dipanggil ‘Helo’,  lahir 7 Juli 1945.

Tahun 1964  "The Girl from Ipanema"  memperoleh penghargaan Best Song Grammy Award. Banyak penyanyi terkenal dunia yang menyanyikannya, antara lain : Frank Sinatra, Cher, Madonna dan banyak lagi penyanyi lainnya.

Banyak tawaran untuk menjadi model dan bintang film datang kepada Heloisa, tapi terpaksa harus ditolaknya, ayahnya tidak mengizinkannya. Pada waktu itu di Brasil tidak lumrah untuk seorang wanita bekerja di luar rumah, tugas wanita adalah menjadi ibu rumah tangga dan membesarkan anak. Helo pun menikah pada usia 21 dengan seorang pemuda bernama Fernando.

Tahun 1978, dua belas tahun setelah pernikahannya, bisnis besi baja suaminya mengalami kegagalan dan merugi. Anak keempat mereka menderita masalah medis dan perlu biaya yang tidak sedikit.   Keluarga mereka mengalami masalah keuangan. Helo terpaksa bekerja menjadi model, bintang TV, serta Host acara radio. Helo juga membuka bisnis agen model. Ia bekerja keras sekali. 


Heloisa Ponheiro saat ini
Tahun 2001, Heloisa Pinheiro membuka sebuah butik di Sao Paolo “Garota de Ipanema”. Butik ini menawarkan berbagai pernak-pernik dan pakaian pantai. Salah satu produknya berupa T-Shirt bergambar musik dan lirik lagu The Girl From Ipanema serta tanda tangan Antonio Carlos Jobim dan Vinicius de Moraes. Keluarga Jobim dan Moraes mengajukan gugatan dengan alasan bahwa kata-kata dan musik milik keluarga Jobim dan Moraes,  bahwa uang hasil penjualan T-shirt adalah milik mereka. Februari 2004 Pengadilan Brasil mendukung Heloisa dan menyatakan "... tanpa dia tidak akan ada lagu itu".
 
 Heloisa dan putrinya, Ticiane berpose untuk majalah Playboy edisi Maret 2003.
 
Ipanema 
Pantai Ipanema
Pantai Ipanema

Ipanema adalah kota pantai yang indah di selatan Rio de Janeiro. Seperti yang diungkapkan Jobim, semuanya tampak indah. Tua, muda, lelaki, perempuan tampil percaya diri memamerkan keindahan raga mereka. Tetapi, tidak diperbolehkan telanjang. Mereka tersenyum ramah kepada turis-turis yang datang.


1 komentar: