Kamis, 02 Agustus 2012

Ziryab, budak Persia yang jenius


Mungkin kebanyakan orang tidak tahu siapa penggagas seni penyajian tiga hidangan dalam perjamuan makan dan penggunaan kristal untuk gelas minuman. Hidangan terdiri dari tiga hidangan : sup, hidangan utama, pudding/hidangan penutup. Selama ini kita beranggapan orang Eropa yang mempeloporinya. Sebenarnya,dialah Ziryab (789M – 857M), seorang mantan budak dari Persia yang jenius dan multi talenta. Dia juga memperkenalkan hidangan sayuran dari asparagus.

Selain berinovasi dalam hal penyajian hidangan dan penggunaan kristal untuk gelas minuman, Ziryab juga seorang penyair, musisi, penyanyi, ahli kecantikan, perancang busana, botanis, geografi dan astronom. Dia juga seorang trendsetter dan selebriti.
 
Tahun 822M, Ziryab datang ke Spanyol dan menetap di istana Cordoba. Ia mendirikan konservatoriun musik pertama di dunia

Ziryab juga mempopulerkan kebiasaan mandi dua kali, kebiasaan bercukur untuk pria, potongan rambut pendek untuk pria, menciptakan pasta gigi dan deodoran. Dia juga yang memiliki ide/gagasan pemakaian baju untuk empat musim yang berbeda.

Ziryab memiliki beberapa orang anak yang menjadi musisi dan menyebarkan keahliannya ke seluruh Eropa. Ziryab telah menciptakan perubahan sosial yang sangat besar pada masyarakat dunia.

Inovasi Fashion Ziryab




Referensi : en.wikipedia.org 
             multi sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar