Senin, 22 April 2013

Tentang Bunga Mawar



mawar itu tersirap dan hampir berkata jangan ketika pemilik
taman memetiknya hari ini; tak ada alasan kenapa ia ingin berkata
jangan sebab toh wanita itu tak mengenal isaratnya -- tak ada
alasan untuk memahami kenapa wanita yang selama ini rajin
menyiraminya dan selalu menatapnya dengan pandangan cinta itu
kini wajahnya anggun dan dingin, menanggalkan kelopaknya
selembar demi selembar dan membiarkannya berjatuhan menjelma
pendar-pendar di permukaan kolam

( puisi karya Sapardi Djoko Damono)



Semua orang tahu kalau mawar adalah bunga cantik yang selalu dijadikan hiasan di taman-taman bunga, ruang tamu, penghias di perhelatan bahkan dalam suatu upacara. Mawar lambang cinta untuk kekasih dan tanda kasih sayang serta perhatian terhadap kawan yang terbaring sakit. Mawar tidak saja indah dipandang mata, tapi juga berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Banyak restoran di Bangkok yang menyuguhkan menu andalan dari bahan bunga mawar.


Mawar menolong sang gadis dari rasa malu karena bau mulut.
-          Ambil beberapa kelopak mawar dan rendam kedalam segelas air selama semalam.
-          Saring dan ambil airnya
-          Beri sedikit gula batu
-          Minum ramuan tsb sebanyak 3 kali seminggu.

Teh lebih nikmat dengan mawar
Kelopak bunga mawar yang kering dicampur dengan daun the, kemudian rebus bersama-sama. Saring dan siap disajikan.

" Orang-orang optimis melihat bunga mawar, bukan durinya; orang-orang pesimis terpaku pada duri dan melupakan mawarnya." - Khalil Gibran
 

KHASIAT MAWAR UNTUK KECANTIKAN

Mengatasi pembengkakan wajah ketika sedang berjerawat
Jerawat yang meradang akan mngakibatkan kulit wajah menjadi kemerahan dan bengkak. Hal ini dapat diatasi dengan air bunga mawar. Efek ini dinamakan antiinflamasi di mana bunga mawar mampu mengatasi kemerahan pada kulit karena iritasi, jerawat, atau terbakar matahari.
Merawat organ intim wanita
Selain karena mampu membersihkan dengan baik, air mawar juga memberikan keharuman yang dibutuhkan oleh organ intim. Mawar pun telah digunakan di berbagai tempat spa sebagai bentuk perawatan organ intim.

Mengecilkan pori-pori
Air mawar memiliki daya astringen yang yang mampu meringkas pori-pori. Pori-pori yang ringkas tentu akan mengurangi timbulnya komedo dan jerawat.
Bahan:
- Dua tangkai bunga mawar merah
- Satu sendok teh minyak kedelai
- Satu sendok teh tepung gandum
- Air secukupnya

Cara membuat:
- lepaskan kelopak bunga mawar merah dari tangkainya dan letakkan dalam mangkuk
- hancurkan dengan bantuan sendok, pastikan teksturnya halus merata
- campurkan dengan minyak kedelai dan tepung gandum. Aduk perlahan
- sambil terus diaduk, tambahkan tiga sendok makan (atau sesuai selera) air. Pastikan semuanya tercampur merata
- bersihkan wajah dengan air hangat, lalu dengan tangan langsung atau bantuan kuas masker, aplikasikan campuran tersebut pada wajah dan leher
- diamkan selama 30 menit
- setelah kering bilas wajah dengan air hangat, lalu keringkan dengan handuk
- untuk menjaga kelembaban kulit wajah, segera gunakan pelembab pada wajah


KHASIAT MAWAR UNTUK KESEHATAN

    
1. Untuk mengatasi bengkak pada kaki akibat sirkulasi darah tak lancar, caranya adalah ambil 2-3 bunga mawar, 30 gram daun sembung. Cuci bersih kedua bahan tersebut, rebus dengan air 600 ml hingga tinggal separuhnya. Minum 2 kali sehari sesudah makan 
2. Obat batuk kering, caranya adalah ambil 10 gram mawar kering, cuci dengan bersih. Campurkan 30 gram gula batu lalu tim kedua bahan hingga setengah masak atau sampai keluar airnya. Di saring kemudian minum selagi hangat. Batuk darah, Seduh 10 g bunga mawar kering dengan 1 cangkir air panas. Tambahkan gula batu secukupnya, aduk rata, lalu tutup cangkirnya. Setelah 30 menit, minum air seduhannya 2 kali sehari dengan dosis dan cara yang sama.
3.     Mengatasi haid tak teratur, caranya adalah ambil 15 gram bunga mawar, 15 gram bunga asoka/siantan, 90 gram daging lidah buaya. Cuci bersih semua bahan, rebus dengan 600cc air hingga tinggal 200 cc. Saring. Minum 2 kali sehari sesudah makan. mengatasi bau mulut tak sedap. Cara 2 : Seduh 20 g bunga mawar segar dengan 1 gelas air panas untuk diminum 2 kali sehari.
4.     Atasi nyeri haid, caranya adalah ambil 15 gram bunga mawar, 15 gram daun dewa. Cuci bersih kedua bahan, rebus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Saring. cara 2 :Minum 2 kali sehari.
5.    Khasiat mawar untuk kulit. Aman untuk semua jenis kulit, minyak mawar, yang kaya di kedua omega-3 dan omega-6 fatty acids,  kulit kering, kasar, pecah-pecah, sensitif, dibakar, atau penuaan kulit. Kaya akan antioksidan vitamin A dan vitamin C, minyak mawar memiliki efek tonik dan zat pada kapiler yang terletak persis di bawah permukaan kulit. Minyak mawar mengurangi kemerahan disebabkan oleh pembesaran pembuluh kapiler, iritasi dan luka bakar, atau peradangan kulit. Caranya kumpulkan kelopak mawar di dalam mangkuk secukupnya. Tuangkan 2 gelas air panas kedalamnya, tutup rapat dan diamkan selama setengah jam, lalu peras kelopak mawar, masukan sari mawar tersebut kedalam lemari es, tunggu hingga dingin. Langkah terakhir, usapkan atau tempelkan handuk atau kapas yang telah dibasahi dengan menggunakan sari mawar.
6.    Relaksasi . Aroma mawar bersifat menenangkan juga meningkatkan mood.
7.    Mengatasi Keputihan. Rebus 9—15 g akar bunga mawar kering dengan 1 gelas air sampai tersisa ½ gelas, dinginkan, lalu saring. Minum air saringannya sekaligus ½ gelas sehari.
Minyak atsiri nya mengandung geraniol dan limonene yang berfungsi sebagai antiseptik, pembunuh jamur candida albican penyebab keputihan dan menambah daya tahan tubuh.
8.    Mengobati Campak.Cuci bersih 15 kuntum bunga mawar lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 ½ gelas. Dinginkan, saring, lalu bagi menjadi 2 bagian yang sama banyak. Minum air rebusannya 2 kali sehari, masing-masing 1 bagian.
9.    Mengatasi penurunan uterus setelah melahirkan(prolapsus uteri). Lumatkan 30 g bunga mawar kering. Tambahkan gula batu secukupnya dan 1 cangkir arak merah, lalu tim. Minum hasil tim 1 kali sehari.

Catatan : wanita hamil dilarang minum ramuan bunga mawar dan bagi penderita fungsi pencernaan lemah sebaiknya berhati-hati dalam menggunakan ramuan ini.

Sumber : multisumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar