Rabu, 18 April 2018

Jebakan 99


Ada seorang Raja  yang sedang termenung sambil melihat taman di  depan istananya.Ia gelisah karena tak pernah merasakan ketenangan dan sulit sekali menemukan kebahagiaan. Kesehatannya mulai menurun  karena ia mulai susah tidur akibat banyaknya pikiran yang mengganggu. Padahal selama ini ia tidur di  kamar mewah di atas kasur yang empuk.

Mata sang Raja tiba-tiba melihat seorang Tukang Kebun yang sedang bekerja sambil tertawa. Wajah tukang kebun itu terlihat bahagia. Setiap hari ia berangkat dengan senyuman dan pulang dengan keceriaan. Padahal gajinya pas-pasan dan rumahnya begitu sederhana. Tak pernah tampak kesedihan di wajahnya.

Saat dia pulang keluarganya telah menunggu dengan hidangan makan yang seadanya dan keluarga kecil ini pun makan dengan bahagia. Raja pun heran melihat orang ini.

Ia memanggil Penasihatnya dan  bertanya " Hai Penasihatku, telah lama aku hidup di tengah kegelisahan, padahal aku memiliki segalanya.Tapi aku sungguh heran melihat Tukang Kebun itu.Tak pernah tampak kesedihan di wajahnya. Kadang2 ia tertidur di bawah rindangnya pohon, seperti tak ada beban dalam hidupnya, padahal ia tidak memiliki apa-apa."

Sang Penasehat tersenyum dan berkata :
" Itu karena Tukang Kebun itu tidak menyentuh Jebakan 99. Bila tukang kebun itu terkena jebakan ini, maka hidupnya akan gelisah dan ia tidak akan bisa tidur."

" Apa yang kau maksud dengan Jebakan 99 itu?" tanya Raja sangat ingin tahu.

" Besok malam perintahkan prajurit untuk mengantarkan hadiah kepadanya.
Sediakan satu kotak uang dan tulislah '100 dinar'. Namun isilah kotak itu dengan 99 dinar saja."

Raja pun menuruti saran dari penasehat.

Ketika hari mulai gelap, prajurit suruhan Raja mengetuk pintu rumah Tukang Kebun ini dengan membawa hadiah. Si Tukang Kebun membuka pintu rumahnya dan terkejut melihat prajurit membawa kotak hadiah.

“Ini hadiah dari raja untukmu”,
kata si prajurit.

“Terima kasih. Sampaikan terima kasihku kepada Yang Mulua Raja”,  jawab Tukang Kebun sambil kegirangan melihat kotak dengan tulisan '100 dinar'. Belum pernah ia memiliki uang sebanyak itu.

Ia segera membawa masuk kotak itu dan menghitungnya bersama keluarga. Namun anehnya, jumlah uang didalam kotak itu hanya 99 dinar saja.

Dia pun menghitung ulang lagi, tapi tetap jumlahnya 99.Dia yakin, pasti ada uang yang jatuh. Dia mencari-cari di sekitar pintu, tapi tak menemukan apa-apa. Akhirnya dia mencoba untuk menelusuri sepanjang jalan menuju istana. Semalaman ia mencari, tapi tetap tidak menemukan apa-apa.

Matahari mulai terbit, Raja beserta Penasihatnya menanti Tukang Kebun ini.

Tak berapa lama dia datang dengan wajah yg masam dan merengut.

Raja pun kaget dan bertanya ppada Penasihatnya "Apa yang terjadi ? Tak biasanya ia datang dengan wajah seperti ini !"

Penasihat raja menjawab " Duhai Paduka...begitulah kehidupan. Kita memiliki banyak hal, namun kita sibuk mencari hal yang tidak kita miliki. Orang ini mendapatkan 99 dinar secara cuma-cuma, namun ia sibuk mencari 1 dinar yang gak ada."

Munculnya kegelisahan hati karena kita mencari sesuatu yang tidak kita miliki, sementara kita tidak pernah sungguh-sungguh mensyukuri banyaknya anugerah yang kita miliki.

Sumber cerita : anonim

Bangun di fajar subuh dengan hati seringan awan
Mensyukuri hari baru penuh sinar kecintaan
Istirahat di terik siang merenungkan puncak getaran cinta
Pulang di kala senja dengan syukur penuh di rongga dada
Kemudian terlena dengan doa bagi yang tercinta dalam sanubari
Dan sebuah nyanyian kesyukuran terpahat di bibir senyuman
- Khalil Gibran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar