Selasa, 23 Mei 2017

Tentang empat ekor Katak

KNOWLEDGE AND HALF KNOWLEDGE
Karya : Khalil Gibran

Empat ekor katak duduk di atas balok kayu yang mengambang di tepian sungai. Tiba-tiba balok kayu itu terseret arus dan bergerak perlahan mengikuti aliran sungai. Katak-katak itu merasa senang karena mereka belum pernah berlayar sebelumnya.

Setelah beberapa saat katak pertama berkata, “Ini adalah balok kayu yang paling hebat. Ia bergerak seperti benda hidup. Tidak ada balok kayu yang seperti ini sebelumnya.”

Lalu katak kedua berkata, “Tidak, temanku, balok kayu ini seperti balok kayu yang lain, dan tidak bergerak. Yang bergerak adalah sungai, yang berjalan menuju ke laut dan membawa serta kita dan balok kayu ini.”

Dan katak ketiga berkata, “Ini bukan balok kayu maupun sungai yang bergerak. Yang bergerak adalah pikiran kita. Karena tanpa pikiran tidak ada yang bergerak.” Dan ketiga katak itu mulai bertengkar tentang apa yang sebenarnya bergerak. Pertengkaran mereka makin panas dan keras, namun mereka tidak dapat mencapai kata kesepakatan.

Lalu mereka berpaling ke arah katak keempat, yang selama ini telah mendengar namun tetap diam, dan mereka bertanya pendapatnya.

Dan katak keempat berkata, “Masing-masing dari kalian benar, dan tidak ada di antara kalian yang salah. Pergerakan ini ada dalam balok kayu, sungai, serta pikiran kita.”

Dan ketiga katak menjadi sangat marah karena tidak ada di antara mereka yang mau mengakui bahwa pendapat mereka adalah kebenaran, dan pendapat yang lain kurang benar.

Lalu hal yang aneh terjadi. Ketiga katak yang bertengkar bersama-sama mendorong katak keempat dari balok kayu hingga tercebur ke sungai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar