Selasa, 21 Mei 2013

Taman Surga



Karya : Hans Christian Andersen (1838) 
 
pic from : plus.google.com

 " Bangun di kala fajar dengan hati seringan awan
Mensyukuri hari baru nan penuh dengan cahaya cinta
Istirahat di terik siang merasakan getar-getar cinta
Pulang di kala senja dengan syukur sepenuh rongga dada
Hanyut dalam doa bagi yang tercinta dalam sanubari
Sebuah nyanyian syukur tersungging di bibir mungil."

  - Kahlil Gibran -
 


Di sebuah negeri yang damai, seorang Pangeran muda tampan sangat suka membaca dan memiliki koleksi buku-buku yang sangat banyak di perpustakaan miliknya. Diantara buku-buku tersebut banyak yang memiliki sampul yang terbuat dari ukiran tembaga yang sangat indah. Dia telah membaca semua buku-buku tersebut dan telah mendapatkan informasi dari segala macam pengetahuan dan pengalaman orang-orang dari seluruh negara di dunia. Tapi ada satu hal yang sangat ia inginkan dan tak pernah ia dapatkan, yaitu informasi tentang Taman Surga.  Dari buku-buku tersebut tak ada yang menjelaskan mengenai situasi di Taman Surga. Sewaktu ia masih kecil sang nenek menceritakan kepadanya bahwa setiap bunga di taman surga adalah kue manis, bahwa putik penuh anggur yang kaya, bahwa pada bunga  sejarah, geografi , tabel ditulis. Sehingga mereka yang ingin mempelajari semua pelajaran, mereka cukup hanya makan beberapa kue saja, dan semakin banyak mereka makan, semakin banyak sejarah, geografi, atau tabel yang mereka tahu. Pada saat itu dia  percaya itu semua. Tetapi saat ia tumbuh dewasa, dan belajar lebih banyak , ia menjadi cukup bijaksana untuk memahami bahwa kemegahan taman surga pasti sangat berbeda dengan semua ini. "Oh, mengapa Hawa memetik buah dari pohon pengetahuan?  mengapa Adam memakan buah terlarang ?" pikir sang Pangeran. " Jika aku berada di sana itu tidak akan pernah terjadi, dan tidak akan ada dosa di dunia. "  Taman surga selalu memenuhi pikirannya sampai dia mencapai usia tujuh belas tahun.

Suatu
sore ia berjalan sendirian di hutan kayu, yang merupakan kegiatan yang sangat disenanginya.  Awan berkumpul, dan hujan turun, langit berwarna gelap seperti dasar sumur pada tengah malam. Sesekali ia terpeleset di atas rumput halus, dan jatuh tersandung batu. Tanah berlumpur dan pangeran muda itu melompati bebatuan berlumut. Ia merasa capek dan lelah ketika ia mendengar suara gemerisik, dan ia melihat sebuah gua besar yang bercahaya.. Di tengah-tengah gua telihat api unggun dengan rusa yang terpanggang dengan batang pinus diatasnya. Di balik api terlihat seorang wanita tua dengan pakaian seperti pria sedang duduk, melemparkan potongan-potongan kayu satu demi satu ke dalam api.
" Kemarilah," wanita tua itu berkata kepada Pangeran, "duduklah dan keringkan diri sendiri."

"
Banyak udara di sini," kata pangeran. Ia duduk di atas tanah.
"Ini akan menjadi lebih buruk ketika anak-anak saya pulang," jawab wanita itu, "Anda sekarang berada di gua Angin, dan anak-anak saya adalah empat Angin surga: bisa kau mengerti?"

"Dimana anak-anakmu?" Tanya sang pangeran.

"Sulit untuk menjawab pertanyaan bodoh," kata wanita itu. "Anak-anak saya memiliki banyak
kesibukan, mereka bermain shuttlecock bersama awan di atas sana di aula raja," dan ia menunjuk ke atas.

"Oh
ya," kata pangeran, " Anda berbicara kasar dan keras, tidak lembut seperti wanita pada umumnya."

"Ya, itu adalah karena mereka tidak
punya kegiatan, terpaksa saya bersikap keras, untuk mendidik anak-anak saya, dan saya bisa melakukannya, meskipun mereka keras kepala. Apakah Anda melihat empat karung tergantung di dinding? Yah, mereka sangat takut terhadap karung-karung itu, seperti halnya Anda takut terhadap tikus dibalik kaca.hanya sebanyak takut mereka karung, seperti yang digunakan untuk menjadi tikus balik mencari-kaca. Aku menekuk mereka semua, dan memasukkan mereka kedalam karung tanpa perlawanan. Di sana mereka tinggal, dan tidak berani mencoba untuk keluar sampai aku mengizinkan mereka untuk melakukannya. Dan salah satu dari mereka datang. "

Angin Utara datang, udara terasa amat dingin, kilat menyambar, batu-batu besar berguncangan, dan kepingan salju tersebar di penjuru. Dia mengenakan jubah kulit beruang. Topi kulit anjing laut itu ditarik atas telinganya, tetesan air beku tergantung dari janggutnya, dan satu demi satu batu hujan es meluncur dari kerah jaketnya.

"Jangan terlalu dekat api," kata pangeran, "atau tangan dan wajah Anda akan beku kedinginan."

"
Beku kedinginan !" kata Angin Utara dengan tertawa keras, " Membeku adalah kenikmatan terbesar saya. Sungguh kecil kau ini, dan bagaimana kau bisa menemukan jalan ke gua Angin? "

"Dia adalah tamuku," kata wanita tua, "
Jika kamu tidak suka, kamu boleh masuk kedalam karung. Mengerti? "

Angin Utara mulai meneceritakan petualangannya, dari mana ia datang, dan di mana ia berada selama satu bulan. "Aku datang dari lautan kutub," katanya, " Aku tinggal di Pulau Beruang dengan seorang Rusia  pemburu anjing laut.  Aku duduk dan tidur di kemudi kapal mereka, ketika berlayar dari tanjung utara. Kadang-kadang ketika aku terbangun, burung-burung beterbangan di sekitar kaki saya. Mereka menutup dan merentangkan sayapnya, lalu terbang jauh.".

"Jangan
bercerita panjang lebar," ujar wanita tua itu, "seperti apa Pulau Beruang itu?"

"Tempat yang sangat indah, dengan lantai
untuk menari yang halus dan rata. Salju setengah meleleh, sebagian ditutupi dengan lumut, batu tajam, dan kerangka singa laut dan beruang kutub-, omong kosong tentang raksasa bertubuh hijau yang busuk. Matahari seolah tak pernah bersinar disini. Angin bertiup lembut, untuk membersihkan kabut, dan kemudian aku melihat sebuah pondok kecil, yang dibangun dari kayu, dan ditutupi dengan kulit anjing laut, tampak hijau dan merah, dan di atap duduk beruang menggeram. Lalu aku pergi ke pantai laut, untuk menjaga sarang burung walet, dan melihat anak-anak burung tumbuh membuka mulut dan berteriak minta makanan. Mereka menjerit. Tak jauh dari sana anjing laut bergelinjang seperti cacing besar. "

"
Kamu menceritakan petualanganmu dengan sangat baik anakku!" ujar wanita tua, " Membuat mulutku ternganga mendengarkan ceritamu.

"Setelah itu," lanjut
Angin Utara, " Perburuan dimulai. Tombak diarahkan ke dada anjing laut dan darah muncrat dengan deras. Lalu tiba giliranku, aku mulai meniup peluit untuk mengatur kapal dan mulai berlayar . Dan tiba-tiba kapal menbrak gunung es. Para awak berteriak dan melepaskan barang bawaan mereka. Mereka terlempar ke es. Mereka tak pernah kembali ke Pulau Beruang. "

"Jadi
kamu telah melakukan kejahatan," ujar wanita tua itu.

"Aku meninggalkan orang
-orang untuk memberitahu kebaikan yang telah aku lakukan," jawabnya.           " Tiba-tiba muncul saudaraku Angin Barat, aku sangat menyukainya, karena ia memiliki bau laut, dan membawa udara dingin yang segar."

"Apakah
itu angin kecil sepoi-sepoi?" Tanya sang pangeran.

"Ya, itu adalah
angin kecil sepoi-sepoi," kata wanita tua itu, "tapi sekarang dia sudah tidak kecil lagi. Dulu dia seorang anak tampan.".

Dia datang, tampak seperti orang liar, dan ia mengenakan topi untuk melindungi kepalanya dari cedera. Di tangannya ia membawa
stik dari kayu mahoni hutan Amerika.

"Dari mana
saja kau?" Tanya wanita tua.

"Saya datang dari
hutan belantara, di mana semak-semak berduri membentuk pagar tebal di  antara pohon-pohon, di mana ular air terletak pada rumput basah, dan tidak tampak manusia."

"Apa yang kau lakukan di sana?"

"Aku melihat ke dalam sungai, dan melihat bebatuan. T
ampak pelangi berkilauan. Aku melihat kerbau berenang di sungai, tapi gelombang yang kuat membawanya pergi di tengah-tengah kawanan bebek liar, yang terbang ke udara seperti air berlari. Kerbau terlempar ke air terjun. Aku mendatangkan badai dan menumbangkan pohon-pohon tua dan membuatnya mengambang di sungai. ".

"Dan apa lagi yang telah
kamu lakukan?" Tanya wanita tua.

"
Aku menerjang liar di savanna. Aku mengguncang pohon-pohon kakao. Banyak sekali cerita, tapi aku tak perlu memberi tahu semuanya. Ibu mengetahuinya dengan baik kan, bu?" Dan dia mencium ibunya dengan kasar sehingga hampir terjengkang ke belakang.
Angin Selatan dengan sorban dan jubah Badui menjuntai.

"B
etapa dingin di sini !" Katanya, melemparkan kayu ke dalam api. " Aku tahu Angin Utara telah tiba di sini lebih dulu."

"
Cukup panas untuk memanggang seekor beruang," kata Angin Utara.

"Kamu adalah beruang itu," kata yang lain.

"Apakah
kalian ingin dimasukkan ke dalam karung?" Kata wanita tua. "Duduklah, di batu itu, di sana, dan katakan darimana saja kau?."

"
Aku dari Afrika, Ibu. Aku pergi keluar dengan Hottentots, yang berburu singa di Kaffir Land, dimana daratan tertutup rumput berwarna hijau zaitun, dan di sini aku berlari dengan burung unta, tapi aku segera melampaui dia dalam kecepatan. Akhirnya aku tiba di padang gurun, di mana terletak pasir keemasan, tampak seperti dasar laut. Di sini aku bertemu kafilah, dan wisatawan yang telah membunuh unta terakhir mereka, untuk memperoleh air, dan mereka melanjutkan perjalanan mereka yang menyakitkan di bawah terik matahari, dan atas pasir panas, yang membentang di depan mereka yang luas , gurun tak terbatas. Lalu aku menggulingkan diriku di pasir lepas, dan berputar-putar di atas kepala mereka. Para dromedarys berdiri masih dalam ketakutan, sementara pedagang menarik kaftan mereka di atas kepala mereka, dan melemparkan diri di tanah sebelum saya, seperti yang mereka lakukan di hadapan Allah, Tuhan mereka. Lalu aku menguburkannya di bawah piramida pasir, yang mencakup semuanya. Ketika aku bertiup pada kunjungan berikutnya, matahari membakar kulit putih mereka. ".

"Jadi,
kamu telah melakukan kejahatan," kata wanita itu. " Masuk kamu kedalam karung !"
"Anak-anak Anda sangat enerjik," kata sang pangeran.

"Ya," jawabnya, "tapi aku tahu bagaimana untuk memperbaiki mereka.”
. Kemudian datang Angin Timur, berpakaian seperti Cina.

"Oh,
 kau datang dari quarter itu kan?, " katanya, " Aku pikir kamu telah pergi ke taman surga."

"
Aku pergi ke sana besok," jawabnya, "Aku belum pernah ada selama seratus tahun. Aku baru saja datang dari China, di mana aku menari di putaran menara porselen sampai semua lonceng berdenting lagi. '"

"Kau anak liar," kata wanita tua, "
Kamu besok pergi ke taman surga, kamu akan mendapatkan pendidikan di sana. Minum dari air mancur kebijaksanaan  sana, dan bawa pulang sebotol penuh untukku. "

"Itu saja," kata Angin Timur, "tapi mengapa
Ibu memasukkan adikku Angin Selatan ke dalam karung? Biarkan dia keluar, karena saya ingin dia memberitahu saya tentang burung phoenix. Sang putri selalu ingin mendengar burung ini ketika saya mengunjunginya setiap seratus tahun. Jika Ibu akan membuka karung,  aku akan memberikan dua poci teh, hijau dan segar. "

"Nah, demi teh, dan karena
kamu anakku sendiri, aku akan membuka karung."

Sang wanita tua membuka karung dan Angin Selatan merayap keluar
"Ada daun palem untuk sang putri," katanya. " Burung phoenix tua memberikannya kepadaku. Dengan paruhnya ia menggores di atas daun sejarah selama seratus tahun. Dia menitip salam kepada sang Puteri dengan melubangi daunnya. "

"Sekarang mari kita
makan," kata sang wanita. Mereka duduk mengelilingi rusa panggang. Pangeran duduk di sebelah Angin Timur, tampak akrab
" Katakan padaku," kata pangeran, "siapa putri itu? dan dimana letak taman surga? "

"Ho! ho! "kata Angin Timur," Anda ingin pergi ke sana? Nah, Anda bisa terbang dengan
ku besok, tetapi aku harus memberitahumu satu hal : tidak ada manusia disana setelah Adam dan Hawa. Saya kira Anda telah membacanya dari semua Alkitab. "

"Tentu saja
." kata pangeran.

"Yah," lanjut Angin Timur, "ketika mereka diusir dari taman surga,
mereka tiba di bumi, matahari bersinar hangat, udara sejuk, dan semua kemegahan. Peri Ratu tinggal di sana, di pulau kebahagiaan, dimana kematian tidak pernah datang, dan semua indah. Saya bisa mengajak Anda kesana besok, jika Anda mau duduk di punggung saya.Sekarang jangan bicara lagi, karena aku ingin pergi tidur. " dan kemudian mereka semua tidur.

Ketika pangeran terbangun di pagi hari, ia tidak terkejut
ketika mendapatkan dirinya berada di atas awan. Dia duduk di punggung Angin Timur, yang menahannya dengan setia, melewati hutan, ladang, sungai dan danau.
"Selamat pagi," kata Angin Timur. "Anda mungkin telah tertidur, hanya sedikit pemandangan untuk dilihat di tanah datar yang kita lewati,kecuali jika Anda ingin menghitung gereja-gereja. Mereka terlihat seperti bintik-bintik kapur pada papan hijau."
" Saya merasa tidak sopan tidak berpamitan kepada Ibumu dan saudara-saudaramu." kata pangeran.

"Mereka akan memaafkanmu, karena Anda sedang tidur," kata Angin Timur, dan kemudian mereka terbang lebih cepat dari sebelumnya.

Daun dan dahan pohon berdesir ketika mereka melewati. Ketika mereka terbang di atas lautan dan danau, gelombang naik lebih tinggi, dan kapal-kapal besar dicelupkan ke dalam air seperti angsa menyelam.
Menjelang malam, kota-kota besar tampak menawan, lampu bersinar seperti bunga api keluar satu demi satu pada selembar kertas yang dibakar. Pangeran bertepuk tangan dengan gembira, tetapi Angin Timur menasihatinya untuk tidak mengungkapkan kekagumannya dengan cara itu, atau dia akan jatuh, dan menemukan dirinya tergantung di menara gereja. Angin Timur terbang cepat melebihi elang.
 
"Ada Himalaya, gunung tertinggi di Asia," kata Angin Timur. "Kami akan segera mencapai taman surga sekarang."

Kemudian, mereka berpaling ke selatan, dan udara menjadi wangi dengan parfum rempah-rempah dan bunga. Berikut buah ara dan delima tumbuh liar, dan tanaman merambat ditutupi dengan cluster anggur biru dan ungu. Di sini mereka berdua turun ke bumi, dan menggeliat diri pada rumput yang lembut, sedangkan bunga membungkuk nafas angin seolah menyambut itu. "Apakah kita sekarang di taman surga?" Tanya sang pangeran.

"Tidak, memang," jawab Angin Timur, "tetapi kami akan berada di sana segera. Apakah Anda melihat  dinding batu, dan gua di bawahnya, di mana anggur anggur menggantung seperti tirai hijau? Melalui gua yang harus kita lewati.
Pakai jubah Anda. Udara sedingin es. Burung terbang melewati pintu masuk ke gua merasa seolah-olah satu sayap berada di wilayah musim panas, dan yang lainnya di kedalaman musim dingin. "

"Jadi ini
jalan menuju taman surga?" Tanya sang pangeran, saat mereka memasuki gua. Itu memang dingin, tapi dingin segera berlalu, untuk Angin Timur mengembangkan sayapnya, dan mereka mengilap seperti api terang. Gua tampak indah, sang pangeran bisa melihat batu besar, dari mana air menetes, menggantung di atas kepala mereka dalam bentuk yang fantastis. Kadang-kadang jalan begitu sempit membuat mereka harus merayap di tangan dan lutut, sementara di lain waktu jalan tampak tinggi dan lebar, seperti udara bebas. Itu penampilan sebuah kapel untuk orang mati, dengan organ membatu dan pipa diam. "Kami tampaknya akan melewati lembah kematian ke taman surga," kata pangeran.

Tapi Angin Timur  menunjuk ke
arah depan ke cahaya biru indah yang bersinar di kejauhan. Blok batu tampak seperti awan putih di bawah sinar bulan. Udara terasa segar dan nyaman, seperti angin dari pegunungan wangi dengan bunga dari lembah mawar. Sebuah sungai berkilauan di kaki mereka, ikan berwarna emas dan perak berkecipak dalam air, dan belut ungu memancarkan percikan api setiap saat, sedangkan daun lili air mengapung di permukaannya, berkedip-kedip dengan semua warna pelangi. Bunga berwarna api, menerima makanannya dari air, seperti lampu ditopang oleh minyak. Sebuah jembatan marmer, karya yang indah tampak seperti renda dari mutiara, membuat pulau indah memukau. Angin Timur memeluk Pangeran, sedangkan bunga dan daun menyanyikan lagu-lagu manis dengan nada-nada lembut, tak ada manusia yang bisa menirukannya. Dalam taman tumbuh pohon-pohon besar, penuh getah, entah pohon palem raksasa atau air tanaman, sang pangeran tidak tahu. Tanaman merambat tergantung di karangan bunga hijau dan emas. Bunga-bunga bertaburan dan brurng-burung berkicau. Di rumput, berdiri sekelompok burung-burung merak, dengan ekor bercahaya tertimpa sinar matahari. Pangeran menyentuh mereka, dan ia terkejut, ternyata mereka bukanlah burung, tapi daun dari pohon burdock, yang bersinar dengan warna ekor merak. Singa dan harimau, lembut dan jinak, berlompatan seperti kucing lucu di antara semak-semak hijau. Tercium wangi bunga zaitun. Bulu-bulu merpati berkilauan seperti mutiara karena memukul surai singa dengan sayap-sayapnya, sedangkan kijang, biasanya begitu pemalu, berdiri di dekat, mengangguk kepalanya seolah-olah ingin bergabung dalam bermain-main. Tampak Peri surga dengan pakaiannya bersinar seperti matahari, dan wajahnya tenang berseri-seri bahagia. Dia masih muda dan cantik. Iring-iringan kereta dengan gadis-gadis cantik mengikutinya. Angin Timur memberikan daun palem, dimana sejarah seratus tahun ditulis diatasnya oleh burung phoenix, dan matanya berbinar dengan sukacita. Dia kemudian meraih tangan mereka dan membawanya ke istananya, dinding yang berwarna cerah, seperti tulip-daun tertimpa sinar matahari. Atap dihiasi bunga. Pangeran berjalan ke jendela, dan melihat apa yang tampaknya menjadi pohon pengetahuan baik dan jahat, dengan Adam dan Hawa berdiri, dan ular di dekat mereka. "Saya pikir mereka diusir dari surga," katanya.

Sang putri tersenyum, dan mengatakan kepadanya bahwa waktu telah terukir setiap peristiwa pada jendela-jendela dalam bentuk gambar, tetapi, tidak seperti gambar lain, semua yang diwakili hidup dan bergerak,-daun berdesir, dan orang-orang pergi dan datang , seperti dalam looking-glass. Dia melihat melalui panel lain, dan melihat tangga dalam mimpi Yakub, di mana para malaikat turun naik dengan sayap terhampar. Semua yang pernah terjadi di dunia di sini hidup dan bergerak pada panel kaca, dalam gambar seperti waktu sendiri dapat menghasilkan. Peri itu
mengajak Pangeran ke ruangan yang besar, tinggi dan luas dengan dinding transparan dan bersinar tertimpa cahaya. Berikutnya adalah gambar-gambar indah, menggambarkan jutaan mahluk yang tertawa bahagia. Di tengah-tengah aula berdiri pohon, cabangnya melorot, buah apel emas menggantung, besar dan kecil, di tengah daun hijau. Itu adalah pohon pengetahuan baik dan jahat, dimana Adam dan Hawa telah memetik dan memakan buah terlarang, dan dari setiap daun meneteskan embun merah terang, seolah-olah pohon itu menangis air mata darah untuk dosa mereka. "Mari kita ambil perahu," kata Sang Peri: "berlayar di perairan dingin akan menyegarkan kita. Tapi kita tidak akan bergerak dari tempat,  negara-negara di dunia akan meluncur di hadapan kita. ".

Itu memang indah untuk dilihat. Pertama datang Alpen tinggi, yang ditutupi salju, dan ditutupi dengan awan dan pinus gelap. Klakson terdengar, dan para gembala bernyanyi riang di lembah-lembah. Pisang-pohon membungkuk cabang mereka terkulai di atas perahu, angsa hitam melayang di atas air,
hewan- hewan dan bunga muncul dari pantai jauh. New Holland, divisi kelima dunia, sekarang meluncur  dengan latar belakang pegunungan, tampak biru di kejauhan. Mereka mendengar nyanyian para imam, dan melihat tarian liar dengan suara drum dan terompet dari tulang, piramida Mesir naik ke awan, kolom dan sphinx, digulingkan dan tertimbun pasir, bergiliran datang, sedangkan cahaya utara berkelebat keluar ke atas gunung berapi padam dari utara, dalam kembang api tidak ada yang bisa meniru.

Pangeran sangat senang, namun ia melihat ratusan hal indah lainnya lebih daripada yang dapat dijelaskan. "Bisakah saya tinggal di sini selamanya?" Tanyanya.

"Itu tergantung pada diri sendiri," jawab peri. "Jika Anda tidak
melakukan hal seperti Adam Anda bisa tetap tinggal di sini selalu."

"Saya tidak boleh menyentuh buah pada pohon pengetahuan," kata pangeran,
” buah berlimpahan dengan indah ".

"Ujilah hatimu sendiri," kata sang putri, "dan jika Anda tidak merasa yakin kekuatannya, kembali dengan
Angin Timur yang membawa Anda. Dia akan terbang kembali, dan tidak akan kembali di sini selama seratus tahun.. Setiap malam, ketika saya meninggalkan Anda, saya wajib untuk mengatakan, 'Ikutlah denganku, dan untuk mengisyaratkan kepada Anda dengan tangan saya. Tapi Anda tidak harus mendengarkan, atau bergerak dari tempat Anda untuk mengikuti saya, karena dengan setiap langkah Anda akan menemukan kekuatan Anda untuk menolak lemah. Jika setelah Anda mencoba untuk mengikuti saya, Anda akan segera menemukan diri di aula, di mana tumbuh pohon pengetahuan, karena aku tidur di bawah cabang wangi nya. Jika Anda membungkuk di atas saya, saya harus dipaksa untuk tersenyum. Jika Anda kemudian mencium bibirku, taman surga akan tenggelam ke dalam bumi, dan Anda akan hilang. Angin tajam dari gurun akan melolong di sekitar Anda,  hujan dingin jatuh di kepala Anda, dan kesedihan dan duka menjadi  masa depan Anda ".

"
OK.," kata pangeran.

 Angin Timur mencium dahi, dan berkata, "Bersikap tegas, maka kita akan bertemu lagi ketika seratus tahun telah berlalu. Perpisahan, perpisahan. "Kemudian Angin Timur menyebar luas kepaknya, yang bersinar seperti kilat di panen, atau sebagai cahaya utara di musim dingin.

"Selamat tinggal, selamat tinggal," bergema pohon-pohon dan bunga-bunga.

Bangau dan pelikan terbang
menemani ke batas-batas taman.

"Sekarang kita akan memulai menari," kata peri, "dan ketika
matahari hampir terbenam, sementara saya menari dengan Anda, saya akan membuat tanda, dan meminta Anda untuk mengikuti saya, tetapi tak perlu dipatuhi. Saya wajib mengulang hal yang sama selama seratus tahun, dan setiap kali, ketika masa percobaan telah selesai, jika Anda menolak, Anda akan mendapatkan kekuatan, ketahanan sampai menjadi mudah, dan akhirnya godaan akan cukup diatasi. Malam ini, karena akan menjadi pertama kalinya, saya telah memperingatkan Anda. "

Kemudian Sang Perimengajaknya ke sebuah aula besar, penuh dengan bunga lili transparan. Puitk kuning setiap bunga membentuk kecapi emas kecil, alunan nada musik bercampur seruling dan kecapi. Gadis cantik, langsing dan anggun berjubah kasa transparan, melayang melalui tarian, dan bernyanyi tentang hidup bahagia di taman surga, di mana kematian tidak pernah datang, dan semua akan mekar selamanya dalam kemudaan abadi. Saat matahari terbenam, seluruh langit menjadi merah dan emas, dan diwarnai bunga bakung dengan rona mawar. Dan gadis-gadis cantik menawarkan anggur kepada Pangeran. Ia merasakan kebahagiaan yang belum pernah ia raakan sebelumnya. Ketika latar belakang aula terbuka dan pohon pengetahuan muncul, dikelilingi oleh lingkaran kemuliaan yang hampir membutakan matanya. Suara lembut dan indah seperti milik ibunya terdengar di telinganya, seolah-olah sedang menyanyi kepadanya, "Anakku, anakku tercinta." Kemudian Peri memberi isyarat kepadanya, dan berkata dengan aksen manis, "Ikutlah denganku, datanglah kemari  ".  Melupakan janjinya, ia bergegas ke arahnya, sementara dia terus mengisyaratkan kepadanya dan tersenyum. Keharuman sekitarnya dikuasai akal sehatnya, musik dari kecapi terdengar lebih memikat, sementara sekitar pohon muncul jutaan wajah tersenyum, mengangguk dan menyanyi. "Manusia harus tahu segalanya, manusia adalah penguasa bumi." Pohon pengetahuan tidak meneteskan air mata darah lagi, embun bersinar  berkilauan seperti bintang.

"Ayo, ayo," lanjut suara mendebarkan, dan pangeran mengikuti panggilan. Pada setiap langkah pipinya bersinar, dan darah bergegas liar melalui pembuluh darahnya. "Saya harus mengikuti," teriaknya; "itu bukan dosa, itu tidak bisa, untuk mengikuti keindahan dan sukacita. Saya hanya ingin melihat tidurnya, dan tidak akan terjadi kecuali aku menciumnya, dan bahwa aku tidak akan melakukannya, karena aku memiliki kekuatan untuk melawan, dan kehendak ditentukan. "

Peri itu melempar pakaian menyilaukan, membungkuk
kan dahan-dahan, dan bersembunyi di antaranya.

"Aku tidak berdosa lagi," kata pangeran, "dan aku tidak akan," dan kemudian ia menyingkirkan dahan-dahannya untuk mengikuti sang putri yang berbaring hampir tertidur
, cantik nian. Dia tersenyum sambil membungkuk, dan ia melihat air mata gemetar dari bulu mata yang indah. "Apakah kau menangis untukku?" Bisiknya. "Oh jangan menangis, kau wanita terindah. Sekarang aku baru memahami kebahagiaan surga, saya merasakan dalam  jiwa terdalam, dalam setiap pikiran. Sebuah kehidupan baru lahir dalam diri saya. Salah satu momen kebahagiaan tersebut bernilai kegelapan abadi dan duka cita. “. Dia membungkuk dan mencium air matanya, dan menyentuh bibirnya.”.

Guntur menyambar, keras dan mengerikan, bergema melalui udara yang bergetar. Sekelilingnya jatuh dalam kehancuran. Peri cantik, taman yang indah, tenggelam semakin dalam. Pangeran melihatnya tenggelam ke bawah ke kegelapan malam, cahaya redup. Lalu ia merasakan dingin yang teramat sangat seperti kematian, merayap di atasnya, mata tertutup, dan ia menjadi pingsan.

Ketika ia pulih, hujan
deras jatuh di kepalanya, dan angin bertiup tajam.  "Aduh! ? apa yang saya lakukandia mendesah, " Aku telah berdosa seperti Adam, dan taman surga telah tenggelam ke dalam bumi " Dia membuka matanya, dan melihat bintang di kejauhan, tapi itu adalah bintang pagi di surga yang berkelap-kelip di kegelapan.

Saat ia berdiri dan menemukan dirinya di kedalaman hutan, dekat dengan gua
Angin, dan wanita tua itu duduk di sisinya. Dia tampak marah, dan mengangkat lengannya di udara saat dia berbicara. "Malam pertama!" Katanya. "Yah, saya harapkan itu! Jika Anda adalah anakku, Anda harus pergi ke dalam karung. "

"
Pada akhirnya dia harus pergi," kata seorang pria tua, dengan sayap hitam besar, dan sabit di tangannya, yang bernama Death. "Ia akan dibaringkan di peti mati, tetapi belum. Aku akan memberinya kesempatan berkelana di dunia untuk sementara waktu, untuk menebus dosanya, dan memberinya waktu untuk menjadi lebih baik. Tapi aku akan kembali ketika dia paling tidak mengharapkan saya. Saya harus meletakkan dia di peti mati hitam, meletakkan di kepalaku, dan terbang begitu saja di luar bintang.  Disana ada juga sebuah taman bunga surga, dan jika dia baik dan saleh ia akan diterima, tetapi jika pikirannya buruk, dan hatinya penuh dosa, ia akan tenggelam dengan peti mati lebih dalam dari taman surga yang telah tenggelam. Setelah di setiap seribu tahun aku akan pergi dan menjemputnya, ketika ia juga akan dihukum tenggelam masih lebih dalam, atau dibangkitkan untuk hidup bahagia di dunia di luar bintang. "
 

“ Surga ada di sini di balik pintu itu, di kamar sebelah; tetapi aku kehilangan kuncinya. Barangkali hanya terselip entah dimana.” –Khalil Gibran-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar